Posted in Buku, Dunia Pena dan Kertas

Buku “Kanker Bukan Akhir Dunia”

" Kanker Bukan Akhir Dunia"
” Kanker Bukan Akhir Dunia”

Pada tahun 2011 Tante saya menghembuskan nafas terakhir karena sakit kanker tyroid. Kami sekeluarga bukan main terkejut mendengar penyakit yang diderita oleh alm. Tante. Tidak sampai setahun beliau didiagnosis menderita kanker tyroid staduim empat. Kami semua tidak pernah mengira, alm. Tante yang selalu ceria dan sehat, tiba-tiba menurun kesehatannya. Beliau sering drop tanpa tahu jelas apa penyebabnya. Sebelum akhirnya ke dokter, beliau menjalani pengobatan alternatif kesana-kemari, tanpa ada hasil yang jelas. Barulah setelah beliau merasa tidak ada hasilnya menggunakan pengobatan alternatif, beliau mendatangi rumah sakit untuk chek up lengkap. Saat itu kondisi alm. Tante sudah sangat drop, dan sudah diopname di rumah sakit. Alm. Tante sempat melakukan operasi mengangkat benjolan yang ada di leher, dan dari situlah alm. Tante didiagnosa menderita kanker tyroid dan bahkan kanker tersebut sudah menyebar kemana-mana. Tidak sampai seminggu diopname, alm.Tante menghembuskan nafas terakhirnya. Semua keluarga termasuk saya merasa sangat sedih dan terkejut, karena tidak menyangka jika selama ini Tante mengidap kanker. Kenapa baru ketahuan diakhir-akhir masa hidupnya, barangkali jika sejak awal sudah diketahui penyakitnya, mungkin jiwa Tante akan terselamatkan. Namun sebagai orang yang beriman kami tidak bisa melawan takdir yang sudah digariskan oleh Allah SWT.

Seminggu yang lalu saya menemukan sebuah buku yang berjudul “Kanker Bukan Akhir Dunia” yang terpampang di salah satu rak buku di Toko Buku Gramedia Balikpapan. Tanpa pikir panjang langsung saya beli buku ini. Kebetulan saya familiar dengan nama pengarangnya, yaitu Mbak Tri Wahyuni Zuhri  . Beliau adalah salah satu anggota Kumpulan Emak Blogger . Mbak Yuni divonis menderita kanker tyroid stadium lanjut, beliau sangat aktif menulis di blognya (http://yunisukses.com) mengenai pengalaman beliau sejak divonis penyakit ini. Tulisan-tulisannya sangat bagus karena memberikan pencerahan, informasi sekaligus memotivasi.

Dalam buku “Kanker Bukan Akhir Dunia” beliau menuliskan pengalamannya ketika pertama kali divonis kanker. Saya pun teringat kembali kepada alm. Tante. Mbak Yuni memilih untuk berjuang berburu waktu untuk mengobati kanker dan mencegah berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuhnya. Beliau mempersiapkan senjata, amunisi dan taktik yang tepat untuk menaklukkan kanker. Saya kagum sekali dengan semboyan beliau sepeti yang dikutip dari bukunya, ” Saya tidak mau hanya duduk diam menanti keajaiban datang, agar bisa sembuh. Bagi saya, keajaiban itu sebuah imbalan pantas bagi seseorang perempuan yang bekerja keras, cerdas dan pintar.” Wow! Salut banget deh untuk Mbak Yuni dua jempol untuk kegigihan beliau.

Kanker is silent killer, bisa berada dalam tubuh tanpa kita sadari. WHO dan Serikat Pengendalian Kanker International (UICC) memprediksi lonjakan pasien kanker seluruh dunia akan mencapai 300 persen pada tahun 2030, dan 70 persennya terdapat di negara berkembang salah satunya Indonesia. Perempuan sendiri sangat rentan terhadap penyakit kanker, terutama kanker serviks dan kanker payudara yang jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Maka untuk meminimalisir jumlah peningkatan pasien kanker perempuan, para perempuan wajib memiliki edukasi dan pemahaman tentang kanker, sehingga bisa lebih mengantisipasi penyakit ini. Ternyata kanker bisa dicegah dengan menjalankan pola hidup dan pola makan yang sehat. Kita pun harus mencurigai perubahan yang drastis dalam tubuh kita, karena semakin dini kita mengetahui gejala kanker dan melakukan penanganan secara tepat, maka kanker akan semakin mudah untuk dilakukan penyembuhan. Tentu saja usaha ini harus selalu diiringi dengan doa agar menuai hasil yang diharapkan, yaitu kesembuhan.

Edukasi dan informasi sangat penting bagi pasien yang divonis menderita kanker. Dalam buku ini penulis memberikan informasi yang lengkap mulai dari tips-tips saat pertama tervonis kanker agar bisa menyiapkan diri setelah tervonis kanker. Saya yakin siapa pun pasti akan merasakan syok , sedih, dan sangat terpukul ketika pertama mendengar vonis ini, namun apapun yang terjadi tentunya kita harus kuat dan berjuang menghadapinya. Kemudian penulis membahas mengenai mitos-mitos mengenai kanker yang perlu sekali diketahui baik oleh pasien maupun keluarga agar tidak terombang ambing oleh mitos yang akan membuat bingung. Pada bab berikutnya penulis menjelaskan cara mencegah kanker dan apa saja yang harus diwaspadai sebagai tanda-tanda, penyebab dan diagnosis kanker. Selanjutnya penulis mengupas tetang serba-serbi pengobatan kanker yang patut diketahui dan jenis-jenis kanker yang diderita oleh perempuan lengkap disertai dengan penyebab, gejala serta pengobatannya. Lalu apa saja kiat cerdas yang harus dilakukan oleh pasien setelah divonis kanker, di sini penulis menjelaskan secara terperinci langkah apa saja yang selanjutnya harus dilakukan. Termasuk bagaiimana pola makan yang sehat dan makanan apa saja yang harus dihindari oleh pasien kanker. “Menerima vonis sebagai pasien kanker bukan berarti harus hidup dalam kesedihan dan kesendirian”, pada bab berikutnya penulis memotivasi untuk saling berbagi dan menguatkan satu sama lain. Dan pada bab penutup penulis menuliskan kisah-kisah inspiratif dari para pasien kanker khususnya perempuan. Buku ini juga dilengkapi dengan informasi alamat Yayasan Kanker Indonesia.

Menurut saya buku ini harus dibaca oleh siapa saja bukan hanya pasien kanker, karena informasi yang disampaikan sangat lengkap dan bahasanya pun mudah dimengerti. Terima kasih Mbak Yuni yang telah berbagi informasi seputar kanker melalui buku ini. Tetap semangat dan terus berjuang ya Mbak, semoga Allah SWT memberikan kesembuhan dan kesehatan, aamiin.

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

5 thoughts on “Buku “Kanker Bukan Akhir Dunia”

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s