Posted in Dunia Pena dan Kertas

Kelas Akber Balikpapan with A.Fuadi “Negeri 5 Menara”

19 April 2012
Saya ikut kelas menulis yang diselenggarakan oleh Akber Balikpapan (Akademi Berbagi). Materi dibawakan oleh penulis novel “negeri 5 Menara” A. Fuadi. Kelasnya mulai jam 19.00 WITA di InterSky Balikpapan.

Karena satu dan lain hal saya agak terlambat datangnya (biasaaa urusan anak-anak dulu).
===================================================
Berikut sedikit catatan dari kelas yang saya ikuti :

Pasti sudah pada tau siapa A.Fuadi, bener banget!! Dia adalah penulis novel “Negeri 5 Menara”. Sebuah novel best seller berlatar belakang pondok pesantren yang sangat menginspirasi banyak orang, bahkan novelnya sudah diangkat ke layar lebar. Novel yang ditulis A.Fuadi ini berdasarkan cerita pengalaman pribadinya ketika disekolahkan di pesantren Gontor. Yang mendorong A.Fuadi menulis tentang pengalamannya selama sekolah di ponpes adalah karena saat ini belum ada tulisan yang menggambarkan kehidupan pesantren, selain itu ia juga ingin menginspirasi banyak orang lewat tulisannya.

Mengapa menulis? Karena menulis akan membuat kita awet muda, tulisan kita akan terus dikenang, meskipun kita sudah meninggal, apalagi tulisan yang bisa menginspirasi banyak orang.

*Proses Menulis*
1. WHY => temukan apa alasan ingin menulis, hal ini akan menjadi suntikan stamina untuk istiqomah melanjutkan kegiatan menulis. Salah satu yang akan memperkuat stamina menulis adalah keinginan untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat, misalnya sesuatu yang bisa menginspirasi banyak orang, sesuai dengan hadits “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang banyak”.

2. WHAT => Kita harus kenal,familiar, dan peduli dengan apa yang akan kita tulis, ini adalah salah satu obat kuat untuk tulisan kita.

3. HOW => Lalu bagaimana menulisnya?
– kita bisa melakukan riset mendalam melalui referensi : diari,buku lama, foto dll.
– melakukan riset visual (membongkar foto-foto, wawancara,e-mail,twitter,FB)
– membaca banyak buku
– baca Kamus Besar Bahasa Indonesia dan
– baca Tesaurus : kamus padanan kata
– belajar menulis : kemampuan seseorang dalam menulis terdiri atas dua hal, yaitu teknik dan seni. teknik bisa dipelajari misalnya mencari referensi bagaimana cara membangun karakter,alur,dsb. Bisa juga belajar dari situs internet misalnya (plot point). Sedangkan seni adalah hal yang biasanya sudah dimiliki oleh seorang yang berjiwa penulis, namun hal ini masih bisa digali dengan rajin berlatih.

4.WHEN=> Kapan mulai menulis? Cicil setiap hari, sesegera mungkin, sedikit-sedikit lama-lama menjadi buku. Atau coba tulis 1 halaman sehari. Semua dilakukan dengan KONSISTEN.

*Alur Kerja*
1. Mind Mapping => untuk menjaring ide
2. Kernagka Awal => untuk membuat calon daftar isi
3. Pointer => untuk memecah ide
4. Pointer dicicil menjadi paragraf
5. Buku siap terbit

Setelah menulis, sebaiknya mencari orang yang bisa mengkritisi tulisan kita. Salah satu yang disarankan oleh A. Fuadi dalam proses menulis adalah membuat mind mapping terlebih dahulu,agar bisa tetap fokus dan tidak kehilangan arah di tengah jalan. Seringkali ketika sudah mulai menulis akan mengalami masa jenuh atau bad mood, sebaiknya penulis tidak diperbudak oleh mood, kembali lagi ke WHY, apa alasan kita untuk menulis, WHY dapat meluruskan niat kita untuk kembali menulis. Ada pepatah mengatakan, “Seandainya semua penulis menyerah pada mood, maka perpustakaan akan kosong.” Adapun gangguan yang dihadapi pada saat menulis antara lain gangguan dari OL (online…buka FB,twitter dsb), karena tanpa disadari OL menyita cukup banyak waktu yang seharusnya dipakai untuk menulis. A.Fuadi mengatakan, bahwa menulis adalah 3% menulis dan 97% menghindari OL, dengan kata lain menulis adalah perjuangna pribadi mengalahkan diri sendiri.
Salah satu tips menulis adalah novel = seni menunda jawaban, karena inti dari karya fiksi ada pada konflik dan karakter dan menunda jawaban sampai dengan tahap akhir.

===============================================

Baca kedua novelnya udah tamat, nonton filmnya juga udah Yess….akhirnya bisa bertemu,tatap muka dan belajar dari penulisnya langsung. Kayak mimpi :D. Bertapa saya juga terkena sihir dari kedahsyatan novel karyanya (http://noorfamily.wordpress.com/2010/05/01/)

Terima kasih tak terhingga pada Papa Noor tercinta yang sudah memberi ijin istrinya mengikuti kelas malam plus antar jemput dan mengurus anak-anak di rumah, tanpa mu….semua ini takkan terwujud Pa!

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s