Posted in Balikpapan, Jalan-Jalan

Kunjungan Eyang ke Balikpapan

dermaga pasar klasndasan balikpapan
dermaga pasar klasndasan balikpapan
Islamic Center Samarinda
Islamic Center Samarinda

eyang di bpn4

Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip
Rumah Lamin di Teritip
Rumah Lamin di Teritip
Makan Siang di Rm Haur Gading di Kebun Sayur
Makan Siang di Rm Haur Gading di Kebun Sayur
Teritip
Teritip

Bulan Maret 2013 yang lalu kita kedatangan tamu istimewa dari Bandung. Eyangnya anak-anak dari Papa Noor datang mengunjungi kita di Balikpapan. Mamah dan Papap mertua berlibur di Balikpapan selama 2 minggu. Kesempatan ini nggak kita sia-siakan untuk mengajak mereka city tour di Balikpapan dan Samarinda.

Di Balikpapan, kita jalan-jalan ke pantai Manggar, Kemala Beach, komplek perumahan Pertamina, kilang minyak, penangkaran buaya di Teritip. Setahun yang lalu kita sekeluarga pernah berkunjung ke penangkaran Buaya di Teritip, dulu keadaannya agak memprihatinkan, tapi ketika kemarin ketika kita kembali mengunjungi Teritip keadannya sudah berubah menjadi lebih rapih.

Tidak lupa kita juga mengantar para Eyang ke pasar Kebun Sayur,tempat yang menjadi salah satu icon kota Balikpapan. Kebun sayur adalah tempat menjula aneka souvenir dari Balikpapan. Souvenir yang terkenal dan banyak dicari oleh para pelancong adalah berbagai jenis batu perhiasan, kerajinan khas Kaltim, kain-kain batik corak Kalimantan Timur dan lain-lain. Selain menjadi pusat oleh-oleh dan salah satu icon kota Balikpapan, di Kebun Sayur terdapat rumah makan yang terkenal, yaitu Haur Gading. Rumah Makan Haur Gading terletak di belakang pasar Kebun Syaur, menyajikan aneka ikan bakar ( trekulu, kakap, bawal, udang. cumi-cumi) dan yang menjadi menu favorit pengunjung adalah menu Pepes Ikan Patin. Saya sendiri baru pertama kali makan di Haur Gading, dan saya langsung mencoba pepes ikan patin bakar. Hmmm….memang betul, rasanya lezat sekali, ikan patinnya segar dan bumbunya benar-benar meresap ke dalam daging ikan. Ikan bakarnya juga demikian, rasanya enak sekali, karena bumbunya meresap ke dalam daging. Pokoknya enak banget-banget deh!!
Selain Haur Gading, kami juga membawa para Eyang kuliner ke Kedai Laut yang terletak di daerah Gunung Malang. Kedai Laut menyajikan aneka masakan berbahan sea food, harganya lumayan miring tapi rasa makanannya okee banget!
Selain ke Kedai Laut, kita juga mengajak para Eyang makan di kedai ikan bakar yang terletak di belakang kantor Pos Besar Balikpapan. Selama di Balikpapan para Eyang kuliner makan ikan bakar di berbagai tempat.

Gak cuma seru-seruan jalan-jalan di kota Balikpapan, kita ajak para Eyang ke Samarinda ibu kota propinsi Kalimantan Timur. Di Samarinda kita ke mesjid Islamic Center. Setelah shalat dan foto-foto di Islamic Center Samarinda kita jalan-jalan keliling kota Samarinda. Dan pulangnya mampir di Kilo 50 membeli tahu Sumedang.

Para Eyang hanya 2 minggu di Balikpapan, setelah itu mereka kembali ke Bandung. Semoga mereka selalu dalam keadaan sehat, amin.

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s