Posted in Balikpapan

Liburan Ke Samarinda – Tenggarong #4 (23 Juli 2013)

Melanjutkan cerita liburan ke Samarinda dan Tenggarong…..
Malam itu kami baru sampai hotel malam hari jam setengah sepuluhan. Perut laper dan belum pada mandi, karena sudah cukup larut kita putuskan untuk buru-buru ke hotel untuk istirahat. Kita menginap di hotel Bumi Senyur Balikpapan.

Oh iya, dalam perjalanan menuju hotel,kita melewati jalan Martadinata *kalo ga salah ya* jalanan di pinggiran sungai Mahakam itu terdapat beberapa penjual telur penyu. Ya, betul, telur penyu sodara-sodara. Kami menepi dan mencoba beli. Waktu masih kecil saya pernah makan telor penyu ketika diajak ortu pergi ke daerah Banyuwangi – Jawa Timur. Ceritanya mau nostalgia, mo nyobain lagi makan telur penyu. Harganya per pcs yang sudah matang adalah Rp 12.500,-. Dijual juga telur yang belum matang. Saya beli 4 butir sajah yang sudah matang. Telur puyuh ini cangkangnya nggak keras seperti telur ayam, cangkangnya lunak, cara memasaknya sama, yaitu direbus. Isinya yang sudah direbus tidak padat seperti telur ayam, cenderung lunak dan berair dan rasanya asin. Untuk yang nggak biasa makan telur penyu pasti merasa aneh dan agak agak gimanaaaa gitu rasanya, tapi karena saya udha pernah makan, ya rasanya biasa aja. Suami dan anak-anak pada gak doyan, karena aneh, *emang betulan aneh sih :D*.

Keesokan harinya, kita nggak kemana-mana, pagi-pagi anak-anak dan Papanya pada berenang. Setelah acara berenang, kita beres-beres lalu check out, supaya nggak kemalaman sampai di Balikpapan. Hari Minggu itu kita ngga ada acara kemana-mana lagi, selain pulang.

Nah, di perjalanan pulang, setelah melewati Bukit Soeharto, ada Rumah Makan Tahu Sumedang di Kilo 50 Balikpapan. Rumah makan yang tempatnya sangat strategis, dan selalu ramai pengunjung, karena satu-satunya RM yang ada di daerah itu. Dari namanya saja sudah pasti ketahuan ya, menyajikan masakan Sunda. Dan tentu saja menjual Tahu Sumedang. Dan yang bikin surprise, para pegawainya ternyata orang sunda!!! Wuiiih berasa di lembur ini mah :). Beneran loh! Sampe tukang parkirnya juga orang sunda!

Di sana ada berbagai macam gorengan selain tahu sumedang, ada cireng lohhh!!!! Keren kan! Lalu masakannya khas sunda lah, nasi timbel komplit, gepuk, sayur asem dkk. Keren….keren….keren!!!!
Tahu sumedangnya rasanya mirip dengan yang aselinya di sumedang, lemburnya Papa Noor yang setiap tahun kita sambangi. Hanya ukurannya imoets sekali aliyas kecilll…hehehe….

Salah satu hal yang berkesan dalam perjalanan liburan kali adalah berkesempatan mampir dan makan di RM Tahu Sumedang ini.

Akhirnya kita sekeluarga kembali lagi ke rumah dengan selamat dan hati yang senang 🙂 Thanks a lot Papa Noor.

Samarinda dan Tenggarong sebetulnya punya banyak potensi untuk dijadikan pariwisata, sayangnya warganya kurang menyadari akan hal ini, Entah kenapa setiap kali saya bertanya mengenai objek wisata kepada penduduknya, mereka kelihatan bingung, dan malah punya kesan yang kurang baik terhadap kotanya sendiri. Sayang banget ya! Coba kalau setiap orang bisa mencintai dan merawat kotanya, pasti kota tersebut akan punya banyak potensi. Nggak cuma dijadikan sebagai daerah yang sumber daya alamnya dikeruk habis-habisan yang kemudian menimbulkan banyak kerusakan di sana-sini.

Saya adalah warga pendatang, saya mengagumi keindahan dan eksotisme bumi Kalimantan Timur ini, semoga yang menjadi penduduk aseli sini lebih lagi mencintai daerahnya sendiri, gak cuma berfikir untuk mengeruk habis-habisan sumber daya alamnya saja, tapi mulailah berpikir bagaimana caranya menjaga, merawat dan melestarikan tanah di bumi Kalimantan Timur ini. -PEACE-

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s