Posted in Balikpapan, Jalan-Jalan

Melihat Buaya di Teritip, Km 28 Balikpapan

Monyet
Kandang Buaya Muara
Kolam Buaya
Buaya Raksasa
Gajah

Sabtu, 8 Oktober 2011

Hari ini kita jalan-jalan ke daerah Teritip, markasnya para buaya :).

Lokasinya 28 km dari kota Balikpapan atau sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi. Penangkaran buaya ini berdiri sejak tahun 1991. Buaya yang ada di penagkaran ini berjenis buaya muara, yaitu buaya khas daerah Kalimantan Timur, yang terkenal sangat buas.

Begitu masuk ke area wisata ini, bagian depan ada sebuah lahan dipagari kawat yang sebagian kawatnya terbuka, dan di dalamnya terdapat 2 ekor gajah sedang asyik mengunyah-ngunyah dedaunan sambil berjemur :). Surprise juga melihatnya, karena gajah tersebut sama sekali tidak diikat, santai dibiarkan begitu saja, seperti layaknya hewan peliharaan kambing atau sapi :).

Tiket masuk untuk melihat ke dalam kandang buaya per orang Rp 10.000,- buaya yang ukurannya kecil sampai  sedang,  ditempatkan dalam kandang-kandang terpisah, ada ratusan jumlahnya. Selain buaya dalam kandang, ada juga dua buah kolam besar yang tempatnya bersebrangan, di salah satu kolam itu kami melihat buaya yang ukurannya buesaaaarrr sekali, panjangnya kurang lebih 5 atau 6 meter sajah :). Si buaya raksasa ini sedang asyik berjemur, jarak kami yang melihatnya dengan moncong si buaya raksasa hanya 1 meter dipisahkan oleh pintu kayu sajah….hiyyy.

Pihak pengelola menyediakan ayam mati seharga Rp 10.000 untuk para wisatawan yang berminat memberi makan buaya di kolam. Nggak tau kenapa, siang itu ketika kami datang sekitar pukul 11.00 WITA, para buaya sedang kelihatan bermalas-malasan. Menurut pengelola, mereka sudah kenyang karena baru diberi makan.

Setelah keluar dari area kandang buaya, ternyata ada beberapa kandang monyet, tiap kandang diisi 2 ekor monyet. Ada juga seekor monyet jantanbesar yang kandangnya terpisah dari monyet lainnya. Saya takjub melihatnya karena bisa melihat dari jarak yang sangat dekat.

Selain para hewan, di area itu terdapat juga rumah adat Dayak namanya Lamin. Sayang beribu sayang semua fasilitas wisata yang ada di sana kurang terawat :(. Kandang monyet saja penuh oleh sampah bungkus makanan ringan. Namun  melihat buaya raksasa dari dekat, gajah yang dilepas seperti layaknya hewan peliharaan dan monyet besar, adalah pengalaman baru yang menarik untuk kami, terutama anak-anak. Yess, kami sekarang sedang berada di Kalimantan Timur, daerah eksotik dengan kekayaan alam yang luar biasa :).

Pengkaran Buaya Teritip Km 28 BalikpapanKandang Buaya MuaraBuaya RaksasaKolam Buaya
Advertisements