Posted in Jalan-Jalan

Museum Geologi Bandung

 

 

geo1

geo2

geo3

geo4

geo5

geo6geo8Tanggal 8 Juli 2013 saya dan anak-anak mengunjungi Museum Geologi yang terletak di Jl. Diponegoro no 57 Bandung. Anak-anak penasaran ingin ke Museum Geologi untuk melihat fosil tulang-tulang peninggalan jaman purba.

Museum Geologi Bandung ini diresmikan pada 16 Mei 1929 bertepatan dengan pembukaan Kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik ke-IV yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung, gedungnya keren banget loh! Peninggalan jaman kolonial Belanda bergaya arsitektur Art Deco. Berfungsi sebagai sarana laboratorium geologi dan museum untuk menyimpan dan memperagakan hasil survey geologi. Gak salah lagi kalau museum ini erat kaitannya dengan sejarah penyelidikan geologi di Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 1850. Pada saat itu lembaga yang mengkoordinasikan penyelidikan geologi adalah “Dienst van het Mijnwezen”

Untuk masuk ke dalam Museum kita harus membeli tiket masuk yang di jual di toko souvenir, harga tiketnya Rp 3000,- untuk umum dan Rp 2000,- untuk pelajar.
Jadwal buka Museum :
Senin-Kamis: 08.00-16.00 wib
Sabtu-Minggu: 08.00-14.00 Wib
Jumat : Tutup
Hari Libur Nasional : Tutup

Museum Geologi Bandung memiliki ratusan ribu koleksi batuan dan mineral serta puluhan ribu koleksi fosil, WOW!! Tapi hanya sebagian kecil saja yang dipamerkan di ruang museum, sedangkan sebagian besarnya disimpan di ruang dokumentasi. Nah, ruang museum yang dijadikan tempat pameran terdiri dari beberapa ruangan :
A. Ruang Geologi Indonesia yang terletak di sayap kiri
Peragaan yang ada di ruangan ini diawali dengan proses pembentukan bumi dalam tata surya keluarga matahari. Di sini terdapat koleksi meteorit dan tektit. Ada meteorit berukuran besar yang bisa kita pegang :). Selanjutnya digambarkan perkembangan kepulauan Indonesia sejak 50 juta tahun yang lalu hingga kondisinya sekarang menurut teori tektonik lempeng terkait yang menyebabkan terjadinya berbagai fenomena geologi seperti gempa bumi, tsunami, dan aktivitas gunung api. Kemudian fenomena dan gejala geologi utama dari masing-masing pulau besar di Indonesia. Di sini anak-anak pada heboh ketika melihat Pulau Kalimantan :). Di bagian lain terdapat berbagai jenis batuan sertuta mineral dan ditunjukkan cara mengenalnya. Ada juga ditampilkan berbagai kegiatan geologi baik di lapangan maupun di studio. Di bagian belakang menggambarkan penjelasan tentang gunung api di Indonesia. Di sini dijelaskan secara rinci bagaimana terbentuknya gunung api, bahan-bahan serta sajian maket gunung-gunung berapi di Indonesia.

B. Ruang Sejarah Kehidupan yang terletak di sayap kanan
Ruang sejarah kehidupan menggambarkan perkembangan kehidupan di muka bumi yang dimulai sejak kelahiran bumi 4,6 milyar tahun yang lalu. Terbentuknya litosfer,atmosfer,dan hidrosfer pada 3,8 milyar tahun lalu serta munculnya kehidupan awal berupa mikro oraganisme sejenis ganggang dan bakteri sekitar 3,5 milyar tahun yang lalu. Kemudian ditampilkan perkembangan kehidupan dari jaman ke jaman, mulai dari kehidupan di air hingga migrasi ke darat. Gambaran kehidupan secara detil dijelaskan di sana, disertai foto dan fosil-fosil yang berhasil ditemukan. Salah satu yang paling menarik buat anak-anak adalah adanya fosil Tyrannosaurus rex (T.Rex) yang dipajang di dalam ruangan ini. Kalau dulu anak-anak hanya melihatnya dari film atau buku-buku, sekarang anak-anak melihat langsung fosilnya dari dekat…ho..ho..ho..Keren!!! Nggak hanya T.Rex, ada juga fosil gajah (sinomastodon, Elephas dan Stegodon), badak (Rhinoceros), kuda nil (hippotamus), kerbau (bubalus) dan kura-kura raksasa (geochelone). Di bagian belakang terdapat ruangan khusus yang memajang berbagai replika fosil manusia purba di dunia dan Indonesia (homo erectus/java man).

C. Ruang Sumber Daya Geologi yang terletak di lantai 2
Naik ke lantai 2 di tengah-tengah ruangan terdapat beberapa maket yang menggambarkan eksplorasi minyak bumi di Indonesia. Ada maket kilang minyak dari berbagai perusahaan minyak yang ada di Indonesia seperti : Pertamina, Total, Chevron baik yang ada di darat maupun di laut. Anak-anak lagi-lagi heboh di sini karena mereka bisa melihat maket kilang minyak lepas pantai milik Pertamina di Balikpapan. Maketnya disajikan 3 dimensi dan diperlihatkan pengeboran pipanya sampai ke dasar laut/dasar bumi secara jelas. Kemudian kita masuk ruangan di sayap kiri. Di sini mengupas berbagai jenis potensi sumber daya mineral dan energi serta air tanah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ada berbagai jenis mineral logam, non logam serta batu mulia yang bisa kita lihat di ruangan ini. Konsep utama area pamer lantai 2 di sayap kiri ini adalah “GeoDigi”, yaitu penggabungan geologi dan digital yang dikemas sebagai sajian yang sifatnya edutaiment. Tujuannya agar pengunjung lebih leluasa dalam mengeksplorasi informasi secara tidak terbatas.

D. Outdoor Exhibition di halaman Museum
Di luar gedung museum di pojok halaman terdapat koleksi batuan dan fosil kayu. Taman siklus batuan yang memajang batuan menurut ‘siklus batuan’. Oh iya, di dekat toko suvenir juga terdapat mesin pengebor minyak bumi.

Seruuuu sekali mengunjungi museum ini, museum ini cocok sekali untuk dikunjungi oleh anak-anak sekolah . Penyajiannya bagus dan jelas, maketnya 3D, ada ruang GeoDigi dan terdapat banyak batuan serta fosil-fosil. Anak-anak nggak hanya bisa belajar dari buku teks pelajaran sekolah atau nonton filmnya saja, tetapi bisa langsung melihat aselinya bahkan bisa memegangnya (contoh : memegang meteorit besar) atau berfoto di depan fosil-fosil raksasa.

Sumber : Peta Petunjuk Museum Geologi Bandung

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

4 thoughts on “Museum Geologi Bandung

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s