Posted in Jalan-Jalan

Berlibur Di Atas K.M. Bukit Siguntang (Balikpapan-Tarakan-Nunukan) #1

image

Juni 2014

Sudah sejak setahun yang lalu kami sekeluarga penasaran ingin mencoba berlibur dengan menaiki kapal laut. Kebetulan saya dan anak-anak belum pernah naik kapal laut (bukan kapal ferry ya). Kalau Papa Noor sih sudah pernah beberapa kali naik kapal laut ketika masih kecil, yaitu ketika pindah dari Jakarta ke Medan dan dari Ambon ke Surabaya.

Rencana berlibur di atas kapal PELNI ini beberapa kali tertunda karena saya dan anak-anak belum belum sudah membayangkan bagaimana nanti kalau kapalnya tenggelam di laut. Tapi dipikir-pikir lagi, kenapa harus takut ya? Mumpung akses menaiki kapal laut sangat mudah karena jarak rumah dengan pelabuhan sangat dekat dan kebetulan ada jadwal kapal PELNI yang rutenya Balikpapan-Tarakan-Nunukan-Balikpapan. Mumpung sedang tinggal di Balikpapan, rugi rasanya kalau nggak sempat menginjakkan kaki ke daerah Tarakan dan Nunukan yang selama ini kami hanya mendengar atau melihatnya saja dari berbagai media. Akhirnya pada bulan Mei kami memutuskan untuk mengisi liburan kenaikan kelas anak-anak dengan berlibur di atas kapal laut milik PT. PELNI.

Kenapa sih memilih kapal PELNI bukan kapal pesiar? Alasannya karena kami berempat ingin merasakan bagaimana naik kapal penumpang milik pemerintah yang dikelola oleh swasta, kata si Papa sih seru bakalan menambah pengalaman buat anak-anak. Lagi pula biayanya terjangkau, jadwalnya cocok yaitu tiga hari dua malam dengan menggunakan kapal yang sama kami bisa mengambil rute ke Tarakan dan Nunukan tanpa harus ganti kapal, dan saya sama anak-anak belum pernah ke Tarakan dan Nunukan yaitu daerah bagian utara pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

Seminggu sebelum berangkat, kami sudah berburu tiket. Untuk tiket Balikpapan-Tarakan-Nunukan kami langsung membelinya di bagian penjualan tiket kapal di PT. PELNI Balikpapan. Sedangkan rute Nunukan-Balikpapan kami membeli di PT. PELNI Tarakan (nitip ke temannya Papa Noor yang dinas di Tarakan). Kami membeli kelas 1B, yaitu satu kamar dengan empat tempat tidur, kamar mandi di dalam, ada tv, AC, dan colokan listrik.
Petugas penjual tiket di PT. PELNI Balikpapan mengingatkan agar pada hari “H” kami sudah berada di pelabuhan satu jam sebelum jadwal kapal berlayar.

Di rumah kami melakukan persiapan browsing-browsing mengenai K.M. Bukit Siguntang (nama kapal yang akan kami naiki), sambil mengira-ngira seperti apa rasanya naik kapal laut…hehehe. Kami membawa tiga buah ransel, isinya baju ganti secukupnya, peralatan mandi, handuk, jaket, charger, power bank, kartu, ular tangga, buku, makanan ringan dan air mineral. Rasanya nggak sabar ingin segera naik kapal.

……bersambung……

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s