Posted in Balikpapan, kegiatan ku, kuliner

Lezatnya Shabu-Shabu di Musim Hujan

Foto : koleksi pribadi
Foto : koleksi pribadi

Ini gara-gara Mba Erna demo masak shabu-shabu di sekolah minggu yang lalu. Ibu-ibu jadi ketularan demam shabu-shabu, termasuk saya.

Demo masak di gasebo sekolah w/ Mba Erna dkk ( foto milik Mba Erna)
Demo masak di gasebo sekolah w/ Mba Erna dkk ( foto milik Mba Erna)

Saya sering ditanya kegiatan sehari-hari saya yang sok sibuk ini.
Me : “Setiap hari saya ke sekolah.”
A : “Ngajar ya?”
Me : “Bukannn!”
A : “Oh dibagian administrasi sekolah ya?”
Me : “Nggak juga.”
A : “???”
Me : “Saya nungguin anak-anak di sekolah dari pagi sampai pulang.”
A : “???”
Me : “Biar irit bensin.”
A : “-_-”

Okeh,kembali ke laptop!
Teman-teman yang seprofesi dengan saya ada banyak nih di sekolah. Ya kita mengisi waktu selama di sekolah dengan berbagai kegiatan salah satunya ngadain demo masak seperti yang Mba Erna lakukan baru-baru ini.

Mba Erna pinter deh kemarin dia demo masak shabu-shabu. Cocok banget lagi musim hujan kayak gini. Bumbu, bahan dan cara membuatnya pun gampang sekali.

Ketularan ibu-ibu di sekolah, saya kemarin sore masak shabu-shabu untuk makan malam.

Ini resepnya :
Kaldu : bawang putih, bawang bombay, udang/ayam/ikan, cengkih, lada, pala, gula, garam dan air. Kemarin saya menggunakan ikan salmon.
Sayuran : sawi putih,sawi hijau,wortel,daun bawang. Saya hanya punya sawi putih,wortel dan daun bawang.
Pelengkap : chikuwa,baso kepiting,baso ikan bentuk panda dkk.
Cara membuat : cincang bawang putih dan bawang bombay lalu tumis sampai wangi, masukkan udang/ayam/ikan masak sampai matang, masukkan air masak sampai mendidih, masukkan cengkih,lada,pala,gula,garam, cicipi sampai kuahn terasa enak.
Kalau kaldu sudah mendidih masukkan bahan pelengkap,masak sampai matang lalu masukkan sayuran.

Yeay!! Shabu-shabu siap dihidangkan!!

Mudah kan membuatnya? Cocok banget disantap di musim hujan yang dingin ini. Apalagi suami dan anak-anak sedang batuk pilek. Makan makanan yang berkuah kaldu yang segar apalagi di dalamnya lengkap ada sayuran dan berbagai jenis baso ikannya…hmm…sluuurrrp…. Semalam anak-anak dan suami saya lahap sekali menyantap hidangan ini.

Penasaran? Ayo cobain bikin!

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

16 thoughts on “Lezatnya Shabu-Shabu di Musim Hujan

  1. aku juga paling suka shabu2…Walaopun biasanya makan di resto shabu langganan saya di bilangan Gunawarman ๐Ÿ˜€

    Tapi baca resepmu, kok jd tertarik mw nyoba ya mba… at least kalo gagal juga, berarti aku memang lbh cocok beli jadi aja hihihihi

    Like

Terima kasih ^_^

