Posted in kegiatan ku

Ministrone Soup | Masak di Gazebo Sekolah with Erna Lloyd #NulisRandom2015

11051181_10205118765742445_375208517_n

Masak bersama di Gazebo…yeay!!!

Teman kita yang cantik ,baik hati  dan jago masak, siapa lagi kalau bukan Mba Erna Lloyd  akan berbagi resep sekaligus mempraktekkannya di depan kita-kita sebagai sesama penghuni gazebo sekolah. Mba Erna akan mengajarkan kita untuk membuat resep masakan dari negara Eropa, yaitu Italia. Wuiiiihhhh……keren yak!

Kali ini Mba Erna memasak masakan Italia, yang judulnya : Ministrone Soup.  Untuk rasa, namanya juga masakan dari daerah Eropa, rasanya ya mirip-mirip kalau kamu makan di restoran Pizza Hut lah. Beda loh ya dengan masakan Indonesia seperti rawon misalnya. Jadi kalau lidah kamu punya taste Eropa kayaknya cucok deh sama masakan yang satu ini.

Ministrone soup ini adalah soup sehat yang tentu saja kaya akan gizi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagaimana nggak sehat, karena isinya terdiri dari berbagai macam sayuran segar. Bisa dilihat dalam foto di bawah ini ya, berbagai macam sayuran segar menjadi bahan utama.

11042275_10205118765782446_1343650188_n

Baiklah supaya nggak penasaran, ini dia bahan-bahan yang digunakan :

* Roti Perancis (baguette)
* Butter
* Bawang putih
* Bawang bombay
* Pasta tomat
* Daun bawang
* Daun seledri
* Wortel
* Brokoli
* Bunga kol
* Tomat
* Zucchini
* Kacang Merah
* Macroni direbus terlebih dahulu
* Oregano
* Basil
* Bay leaf
* Keju Parmesan
* Garam
* Gula
* Minyak sayur untuk menumis

Sebagian besar bahan dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, namun beberapa item seperti roti Perancis, zucchini, oregano,basil,bay leaf, dan keju parmesan harus dibeli di supermarket atau toko khusus menjual bahan makanan dari luar negeri. Oh iya untuk takarannya silahkan dikira-kira saja, sesuai kebutuhan. Penggunaan oregano, basil dan bay leaf jumlahnya sedikit saja karena fungsinya untuk mengeluarkan aroma soup khas Italia.

Untuk persiapannya semua sayuran setelah dicuci bersih dipotong-potong kecil / dicincang , macroni sudah di rebus dan Baguette atau roti Perancis dipotong-potong menyerong lalu dioleskan butter serta bawang putih cincang, lalu dipanggang sampai warnanya keemasan.

11004391_10205118765862448_1822845123_n

Cara membuatnya cukup mudah seperti membuat soup biasa. Pertama-tama tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Kemudian masukan pasta tomat, lalu masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong kecil. Kemudian masukan macroni yang sudah direbus. Beri air, rebus sayuran sampai matang, eits jangan sampai terlalu matang/over cooked ya! Supaya kandungan vitamin dari sayuran masih tetap terjaga. Lalu masukkan garam, gula, oregano,basil dan bay leaf. Silahkan dicicipi siapa tahu kurang bumbu. Masukkan soup yang sudah matang ke dalam mangkuk soup lalu taburi Parmesan keju. Dan….ministrone soup siap dihidangkan dengan baguette alias roti Perancis ….sluuuuuurrrrphh…..

Kata Mba Erna, soup ini bisa ditambah dengan bola-bola daging cincang supaya kandungan gizinya tambah lengkap. Cocok buat yang punya anak kecil, juga untuk orang dewasa yang sedang menjalankan diet  karena isi soup ini terdiri dari berbagai macam sayuran sehat.

Oke ya Ibu-ibu gazebo sekolah, lunas ya hutang saya menulis resep Ministrone Soup…hehehe… 🙂 Sok atuh silahkan dipraktekkan….lalu hasilnya jangan lupa dibawa ke sekolah yaa kita makan bareng-bareng…..hahahaha *ngarep*

Selamat mencoba!

(Terima kasih Mba Erna)

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

2 thoughts on “Ministrone Soup | Masak di Gazebo Sekolah with Erna Lloyd #NulisRandom2015

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s