Posted in #NulisRandom2015, Balikpapan

“My Life My Hijab” Peggy Melati Sukma | Talkshow Inspirasi Muslimah PKPU Balikpapan| #NulisRandom2015

11164646_10205832802272912_6586978925537761236_o

14 Maret 2015 yang lalu saya dan teman-teman dari DWP Kanwil Dirjen Pajak Kaltim menghadiri acara Talkshow Insirasi Muslimah yang diselenggarakan oleh PKPU di Gedung Kesenian Balikpapan. Dalam acara ini PKPU menghadirkan Peggy Melati Sukma sebagai bintang tamu.

Siapa yang tidak mengenal Peggy Melati Sukma? Saya ingat dulu beliau adalah salah satu artis pemeran sebuah sinetron  berjudul “Gerhana” yang terkenal banget  mengucapkan kata “Pusiiiiiiing.”  Selain terkenal sebagai artis yang telah membintangi puluhan sinetron dan beberapa film layar lebar, pembawa acara program televisi, Peggy  pernah beberapa kali mendapat penghargaan sebagai artis terfavorit dari Panasonic Award dan berbagai penghargaan lainnya.

Di mata saya Peggy Melati Sukma adalah seorang artis serba bisa yang telah memiliki banyak pengalaman di dunia hiburan tanah air. Penampilan Peggy sama seperti umumnya para selebriti lain yang sering kita lihat di televisi. Gaya hidupnya ya begitulah ala selebritis. Jujur, saya kurang suka. Saya agak heran, kenapa acara ini bintang tamunya adalah Peggy Melati Sukma, bukan diisi oleh pakar apalah yang terkenal sebagai motivator, atau ustad/ustadzah siapa lah yang saya rasa lebih pantas mengisi acara yang diselenggarakan oleh  PKPU ini.

Dari backdrop yang ada di atas panggung terpampang foto Peggy Melati Sukma dengan penampilan barunya, ok sekarang Peggy sudah berhijab, artis lain pun sudah banyak yang menggunakan hijab, so what? Beberapa tahun terakhir Peggy Melati Sukma sudah tidak pernah muncul di media baik televisi maupun cetak. Saya sudah lama tak mendengar kabarnya dan kini beliau muncul dengan hijabnya yang sangat santun. Saya tak sabar penasaran ingin tahu apa yang akan Peggy sampaikan di hadapan para hadirin nanti.

10985411_10205832806393015_8806340643124344004_o
Setelah acara pembukaan dan serangkaian acara berikutnya selesai akhirnya tiba pada acara yang paling saya tunggu-tunggu sejak awal masuk ke dalam Gedung Kesenian Balikpapan ini. Yaitu penampilan Peggy Melati Sukma. Peggy Melati Sukma masuk ke panggung menggunakan gamis berwarna soft pink senada dengan hijab panjangnya. Penampilannya sangat sederhana, wajahnya tanpa make up, tidak ada perhiasan yang dikenakannya namun terlihat sangat anggun dan bersahaja.

Peggy menyapa para hadirin dengan ucapan salam, lalu sebelum membuka pembicaraan ia beristigfar dan tak lupa bershalawat. Melihat penampilan dan mendengar suaranya, rasanya teduh sekali. Peggi Melati Sukma kini sudah berubah.

“My Life My Hijab” adalah salah buku karya Peggy Melati Sukma yang isinya menceritakan proses hijrah dari kehidupan keartisan yang sudah membesarkan namanya, berubah haluan  dengan mengubah total penampilannya menggunakan hijab…..masyaAllah.

Perintah menutup aurat bagi muslimah adalah wajib dan tertuang dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 59  dan surat An Nur ayat 31. Wajib bagi muslimah yang sudah akhil balik untuk menutup auratnya , yang diperbolehkan terlihat hanyalah telapak tangan dan wajah.

Sejak pertengahan 2012 Peggy mulai belajar menutup aurat dengan berhijab, tapi dulu masih buka tutup karena tuntutan dunia keartisannya. Perjuangan Peggy Melati Sukma untuk mengubah total kehidupannya di dasari oleh pengalamannya selama malang melintang di dunia keartisan. Saat itu dirinya memiliki segalanya yang ada di dunia, namun hatinya terasa hampa.  Peggy terus-menerus berdoa memohon kepada Allah Ta’ala agar usahanya untuk berhijab dimudahkan. Dalam hatinya Peggy merasa gelisah ia perlu bimbingan. Ia tidak mau menunda-nunda, ia merasa harus berikhtiar. Kita dapat mengambil pelajaran dari usaha yang dilakukan oleh Peggy, yakni Ikhtiar akan mempercepat pertolongan Allah, Allah akan menggugurkan kesukaran yang ada pada kita jika kita bersungguh-sungguh. Peggy terus menerus berdoa kepada Allah meminta agar ia diberikan sifat tawadhu dan kukuh menghadapi tantangannya dalam berhijab. Dan rupanya Allah menjawab doa-doa Peggy, dengan memberinya kemudahan untuk terus menyempurnakan hijabnya.

Perubahan yang ada pada diri Peggy Melati Sukma adalah sebuah hijrah dari keadaan yang buruk menjadi baik. Hijrah itu harus dilakukan terus menerus seperti halnya tobat, tobat pun harus terus dilakukan dan dikatakan berhenti ketika manusia sudah meninggal. Dan kini Peggy Melati Sukma beristiqomah mewakafkan hidupnya di jalan Allah. Peggy memilih dunia dan akherat sebagai lokomotif kehidupannya. Dunianya adalah untuk bekal di akherat kelak. Bagaimana menjaga agar selalu istiqomah di jalan Allah? Hal ini dapat dilakukan dengan cara terus menerus membersihkan serta meluruskan niat  agar Allah selalu memberikan pertolongan kepada kita. Jika kita mengedepankan urusan Allah maka Allah SWT yang akan mengurus urusan duniawi kita. Ini intisari yang sempat saya catat ketika acara berlangsung.

Terharu dan merinding mendengar cerita pengalaman spiritual Peggy menemukan kembali Iman Islamnya, bagaimana ia mendapatkan pertolongan Allah dan berbagai kemudahan yang ia dapatkan ketika ia mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kini Peggy  aktif dalam berdakwah, ia menyambangi berbagai daerah untuk memberikan inspirasi bagi muslimah di seluruh Indonesia. Ia juga aktif dalam lembaga sosial dan kemanusiaan Islam.

11084312_10205253671875014_625454397_n

Alhamdulillh, saya bersyukur sekali bisa bertemu dan mendengarkan secara langsung pengalaman hidup Peggy Melati Sukma. InsyaAllah ini menjadi penggugah hati dan pikiran saya untuk terus menerus hijrah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di akhir acara Peggy memberikan kesempatan hadirin untuk ikut menyumbang saudara-saudara kita di Palestina dengan cara membeli gamis, hijab panjang dan buku karyanya. Saya membeli buku karya Peggy Melati Sukma yang berjudul “Ku Jemput Di Sepertiga Malam” lengkap dengan tanda tangannya. Barakallah Teh Peggy, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT…aamiin.

11357077_10205832799592845_6081449002513688979_o

11393663_10205832801312888_1187837152572307216_o

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

6 thoughts on ““My Life My Hijab” Peggy Melati Sukma | Talkshow Inspirasi Muslimah PKPU Balikpapan| #NulisRandom2015

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s