Posted in #NulisRandom2015, Balikpapan

Tersenyumlah Pada Hujan | #NulisRandom2015

Doa-Ketika-Hujan
image : http://baitulmaqdis.com

Pagi ini Balikpapan diguyur hujan yang turun sejak subuh tadi. Langit terlihat gelap karena masih ditutupi oleh awan hitam.

Tak sedikit yang menggerutu karena turunnya hujan di pagi ini. Ada yang terlambat pergi ke kantor dan sekolah karena jalanan mendadak macet. Untuk yang harus menggunakan sepeda motor, baju menjadi basah karena kena air hujan dan kecipratan dari jalan. Gara-gara hujan harus mengeluarkan ongkos lebih banyak karena harus naik taxi. Badan jadi kurang fit kehujanan. Waduh, baru saja mencuci mobil sudah kotor lagi karena kehujanan. Ada yang  subuh tadi mencuci baju dan meninggalkan jemuran di rumah, cuciannya kehujanan. Dan lain-lain.

Sebetulnya hujan adalah rahmat yang diturunkan oleh Allah SWT .  Hujan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup mahkluk bumi. Allah SWT menurunkan hujan untuk menyuburkan tanah, menghidupkan tumbuhan yang mati karena kekeringan, memberi air untuk binatang,  dan untuk kesejahteraan umat manusia. Salah satunya seperti yang tertuang dalam kedua ayat berikut :

“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” (QS: Asy-Syuura (41) : 28).

“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS: Qaaf (50) : 9).

Masih lekat dalam ingatan saya ketika kota Balikpapan ini krisis air bersih yang disebabkan tidak turun hujan selama berminggu-minggu lamanya.  Sumber air bersih di kota Balikpapan mengandalkan waduk-waduk. Karena tidak turun hujan, permukaan waduk yang menjadi sumber air bersih terus menyusut,  menjadi kering dan otomatis tidak dapat mengalirkan air bersih ke penduduk. Kota ini menjadi bertambah panas,kering dan tandus. Kami semua kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti memasak,mandi, dan mencuci baju. Bertapa  sengsaranya hidup karena tidak ada air.  Sampai-sampai warga kota melakukan shalat Istisqa untuk meminta kepada Allah SWT untuk menurunkan hujan.

Tidak layak rasanya  jika kita menggerutu karena turunnya hujan. Justru ketika turun hujan kita disarankan untuk bersyukur kepada Allah SWT seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, ketika turun hujan beliau mengucapkan ”Allahumma shoyyiban nafi’an” (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat). Dan kita disarankan untuk berdoa karena  hujan adalah waktu dimana doa-doa kita insyaAllah akan diijabah oleh Allah SWT, hadist Rasulullah “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan :  Bertemunya dua pasukan, Menjelang shalat dilaksanakan, dan  saat hujan turun.

Semoga kita semua menjadi orang-orang yang selalu bersyukur atas rahmat Allah SWT yang tercurah di muka bumi ini…aamiin.  “Jika kalian bersyukur, pasti Aku tambahkan nikmat-Ku” (QS. Ibrahim : 7)

(dirangkum dari beberapa catatan)

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

4 thoughts on “Tersenyumlah Pada Hujan | #NulisRandom2015

  1. tahun lalu rumah saya kebanjiran sampai 4 kali..kalo datang hujan besar suka langsung paranoid. tapi tak bisa menyalahkan hujan ternyata karena memang lingkungan sekitar suka banyak yg suka buang sampah kain ke sungai di belakang rumah plus tanggul sungai jebol 😦

    Like

  2. Wah.. sama lho dengan Kendari, kemarin tuh hujannya sejak malam dan tumpah banget blek..blek.. tapi benar, walaupun saya khawatir banjir datang lagi(rumah saya sih gak kena, tapi tetap saja kasihan dengan yang kena banjir) gak bisa apa-apa selain berdoa seperti doa diatas… Allah Maha Tahu kemampuan kita 🙂

    Ohya, kunjungan balik atas kunjungan Mak Ira baru saja ke blog saya..

    Salam kenal^^

    Liked by 1 person

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s