Posted in #NulisRandom2015, Anak-Anak, Balikpapan

Tips Liburan Bersama Anak | #NulisRandom2015

KM. Bukit Siguntang - Selat Makssar 2014
KM. Bukit Siguntang – Selat Makssar 2014 (dokumen pribadi)

Musim liburan tiba, yeayy!! Tak terasa anak-anak sudah berada di penghujung tahun ajaran. Liburan sudah di depan mata. Punya rencana berlibur bersama anak-anak?

Saya dan keluarga cukup sering berpergian, baik sekedar mengunjungi kerabat di kampung ketika musim mudik maupun untuk liburan. Sejak anak-anak masih kecil mereka sudah terbiasa saya bawa bepergian. Awalnya ribet, namun dengan modal bertanya kesana-kemari, akhirnya saya bisa menyiasati agar perjalanan nyaman dan liburan tetep asyik bersama mereka.

Berikut beberapa tips agar anak nyaman selama perjalanan dan liburan ala saya dan Mba Erry, salah satu teman saya yang juga hobby travelling bersama keluarganya.

1. Membuat rencana liburan yang matang
Biasanya kalau punya rencana liburan yang tempatnya jauh, rencana harus dibuat jauh-jauh hari (termasuk harus nabung jauh-jauh hari). Kalau sudah punya tujuan, sebelum disosialisasikan ke anak, sebaiknya ortu harus tahu banyak tentang tempat yang akan dituju. Supaya kita bisa mensosialisasikan / memberi gambaran kepada mereka tempat seperti apa yang akan dituju, bagaimana suasananya, makanannya apa saja, apa saja yang akan dilihat, bagaimana kondisi  selama di perjalanan, bagaimana cuacanya, bagaimana jadwalnya dan sebagainya.

2. Sugestikan pada anak bahwa liburan akan menyenangkan
Saya dan Mba Erry sepakat bahwa sebelum melakukan perjalanan sebaiknya kita mensugesti anak-anak kalau perjalanan dan liburan yang akan dilalui mereka akan menyenangkan. Karena mereka akan melewati perjalanan yang mungkin tidak nyaman dan membosankan ketimbang ketika mereka melakukan aktivitas di rumah. Supaya anak-anak di jalan nggak rewel maka kita harus mengubah mindset mereka. Misalnya bagaimana ketika terjebak macet atau harus berada di dalam pesawat/kereta api/bis selama berjam-jam lamanya. Kita sugestikan supaya anak-anak bisa sabar (biasanya ini bisa diterapkan pada anak yagn sudah sekolah dasar, tapi nggak menutup kemungkinan anak-anak usia muda pun bisa kita sugesti) dan memberikan alternatif solusi untuk mengurangi rasa bosan dan capek (ini tergantung masing-masing anak, orang tuanya sendiri yang paling tahu).

3. Membawa mainan atau buku
Supaya nggak be-te dan bosan di perjalanan bisa membawa mainan atau buku bacaan atau alat menggambar. Membawa mainan atau buku jangan terlalu banyak karena bisa bikin ribet atau hilang di tengah jalan.

4. Makan, minum dan istirahat yang cukup
Sebagai orang tua kita harus memperhatikan betul hal ini. Bagaimanapun antusiasnya anak-anak berlibur, semenarik apapun tempat liburan kita, tetap harus diperhatikan masalah makan, minum dan istirahatnya. Jangan disamakan dengan kita yang sudah dewasa. Apalagi untuk yang menempuh perjalanan jauh. Namanya juga anak-anak, kalau makan sembarangan, minum air putih dan istirahatnya kurang, bisa-bisa daya tahan tubuh mereka turun, menyebabkan mereka sakit. Nggak asyik kan kalau sakit pas liburan.

5. Membawa obat-obatan
Obat-obatan untuk P3K jangan lupa dibawa. Biasanya saya selalu membawa obat penurun panas dalam bentuk sachet, obat alergi, tetes mata, betadin kecil, hansaplas, sabun cair kecil, tissue basah, handuk kecil dan minyak kayu putih. Kalau anaknya suka mabok dalam perjalanan bisa diberi obat anti mabok, atau kalau anaknya nggak mau minum obat inni, jangan lupa siapkan baju ganti yang cukup dan kantong keresek untuk wadah muntah. Jangan lupa bawa diapers yang cukup kalau anaknya masih pakai diapers (eh, ini bukan termasuk obat ya..hehehe).

6. Membawa baju yang cukup
Anak-anak biasanya boros di bagian baju, karena keringat, atau kotor ketumpahan makanan dan minuman. Anak yang lebih kecil biasanya lebih rempong, kalau sudah besar sudah enggak. Harus diperhitungkan untuk membawa baju yang cukup, karena kalau membawa terlalu banyak bikin rempong juga.

7. Berdoa
Biasakan anak-anak untuk berdoa meminta perlindungan Tuhan kemanapun mereka melangkahkan kaki. Mulai dari ketika meninggalkan rumah, naik kendaraan maupun ketika berada di penginapan dan tempat wisata. Biasanya anak-anak kalau datang ke tempat baru mereka antusianya luar biasa. Jangan lupa ajak mereka untuk berdoa.

Demikian tips berlibur dari kami. Mudah-mudahan bermanfaat. Kalau Moms punya tips lainnya, sharing yuks! Selamat berlibur yaaa….!

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

2 thoughts on “Tips Liburan Bersama Anak | #NulisRandom2015

  1. ya..bener banget itu point2 di atas. Sejak kecil anak-anak biasa traveling dan gak rewel bahkan enjoy. Sekarang mereka sudah besar bahkan bisa packing sendiri. Traveling is fun

    Like

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s