Posted in #NulisRandom2015

Istigfar | #NulisRandom2015

(image : google)
(image : google)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” (HR. Abu Daud)

Salah satu dzikir yang dianjurkan untuk selalu dikerjakan adalah istigfar. Istigfar artinya meminta maaf kepada Allah atas dosa yang telah kita perbuat.  Berikut beberapa ayat dalam Al-Qur’an tentang keutamaan istigfar :

“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah akan menjadikannya untuknya jalan keluar dan Allah akan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa berserah diri kepada Allahs emata niscaya Allah akan mencukupinya. Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya. Dan Allah telah menetapkan ketentuan atas segala sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq : 2-3)

“Wahai kaumku, mintalah ampunan Rabb kalian kemudian bertaubatlah kalian kepada-Nya, niscaya Dia mengirimkan dari langit hujan yang deras kepada kalian dan menambahkan kekuatan atas kekuatan kalian, dan janganlah kalian berpaling dengan menjadi orang-orang yang banyak berbuat dosa.” (QS. Hud : 52)

Maka aku katakan kepada kaumku: “Mintalah ampunan Rabb kalian karena sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan dari langit hujan yang deras kepada kalian, mengaruniakan kepada kalian limpahan harta dan anak-anak, menjadikan untuk kalian kebun-kebun dan menjadikan untuk kalian sungai-sungai.” (QS. Nuh : 10-12)

“Dan orang-orang yang, apabila berbuat keji atau menganiaya diri sendiri, mengingat Allah lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka. Siapa lagi yang dapat mengampuni dosa, kecuali Allah? Mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imran : 135)

“Dan Allah tidak akan menyiksa mereka sedang mereka dalam keadaan beristighfar.” (QS. Al Anfal : 33)

Sedang susah, senang, suntuk,sibuk……dari pada mikir nggak karuan, yuk isi waktu luang kita dengan selalu beristigfar 🙂

SEMANGAT!!!

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

2 thoughts on “Istigfar | #NulisRandom2015

  1. Istighfar ini kalau secara syarat sesungguhnya yang paling mudah, gak harus dalam keadaan suci dari hadas besar dan kecil, tapi mungkin lebih sering terlupa, atau mungkin kabar baiknya untuk yang sudah sangat biasa, istighfar ini malah dilakukan tanpa sadar(merasa tidak berkewajiban tapi berjalan otomatis), dzikir dalam hati yang diidam-idamkan^^

    Like

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s