Posted in Balikpapan, Sahabat

Undian Berhadiah, Apa Penipuan?

hadiah mobil
gambar : koleksi pribadi

Kalau sedang jalan-jalan di mall atau masuk ke mini market sering melihat spanduk dan brosur undian berhadiah kan? Atau kalau di bank jika sedang mengadakan event tertentu terpampang sebuah mobil diparkir di atas panggung, dihiasi oleh pita layaknya sebuah kado. Mobil tersebut biasanya merupakan hadiah utama untuk nasabah yang memenangkan undian. Tak hanya itu, undian berhadiah banyak sekali diadakan oleh produk-produk konsumtif seperti : makanan ringan, minuman, sabun dan lain-lain.

Hari gini, percaya sama kupon undian berhadiah?? Apa nggak takut kena tipu? Hal tersebut yang ada dalam benak saya tatkala melihat bermacam-macam iklan tentang undian berhadiah tersebut.

Bagaimana tidak, teman sekantor saya (D) ada yang pernah nyaris uang tabungannya terkuras gara-gara hal ini. Ceritanya, D mendapat telepon dari seseorang yang mengaku sebagai penyelenggara undian berhadiah sebuah produk detergent. Orang ini memberitahu bahwa D keluar sebagai pemenang utama mendapatkan sebuah mobil. Lalu ia diminta untuk datang ke Jakarta untuk proses pengambilan hadiah. Namun, sebelumnya ia diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening seseorang. D luar biasa girangnya mendapat kabar ini. Berasa mimpi katanya. Namun ia bingung bagaimana caranya pergi ke Jakarta sedangkan dia buta tentang Jakarta. Selain itu D keberatan jika harus mentransfer uang terlebih dahulu, karena nggak punya uang sebesar itu. Kabar ini D sampaikan kepada kami rekan-rekan kantornya. Entah mungkin karena D terlalu gembira mendapat kabar bahagia ini sehingga mengalahkan logikanya. Saat itu D belum melakukan cross check mengenai kebenaran kabar yang diterimanya betul apa cuma penipuan. Kami sebagai temannya langsung mengingatkan kalau sebaiknya D cross check terlebih dahulu dengan menelpon customer service produk detergen tersebut (di kemasan tertera nomor telponnya). Singkat cerita, akhirnya teman saya batal menerima hadiah utama sebuah mobil. Karena ternyata kabar yang ia terima adalah bohong alias modus penipuan. Dia selamat karena tidak sempat menstransfer sejumlah uang yang disyaratkan si penelpon.

Tapi, apa betul semua undian berhadiah itu adalah penipuan?

Kalau cerita teman saya (sebutlah Mba R) lain lagi. Waktu itu saya ingat hampir pukul 9 malam, tiba-tiba ada bbm masuk ke hp saya. “Ra, saya dapat hadiah mobil!” begitu bunyinya. Antara percaya nggak percaya saya baca bbm dari Mba R. Lalu saya jawab, “Hati-hati Mba, jangan-jangan Cuma nipu.” Kemudian bbm saya dibalas lagi olehnya, “Besok antarkan saya ke mall untuk konfirmasi ya.”

Keesokan paginya kami bertemu di sekolah. Mba R cerita, ia memang pernah memasukkan dua lembar kupon undian di mall yang menghubunginya semalam. Tapi siapa sangka kalau dirinya  yang keluar sebagai pemenang utama. Supaya nggak penasaran kami mendatangi mall penyelenggara undian berhadiah tersebut. Setelah konfirmasi di bagian lobby customer service mall, ternyata benar Mba R keluar sebagai pemenang utamanya, berhak mendapatkan sebuah mobil.

Rupanya semalam diadakan acara penarikan undian hadiah di mall, acara ini dihadiri oleh manajemen mall, notaris, dan undangan lainnya. Setelah namanya Mba R keluar sebagai pemenang utama, panitia langsung menghubungi Mba R melalui telepon saat itu juga dari panggung. Speaker hp sengaja dikeraskan dan menggunakan mike supaya semua orang yang hadir dapat mendengar. Saat itu Mba R sedang berada di rumah bersiap ke peraduan. Tiba-tiba mendapat telpon yang mengabarkan jika dirinya memenangkan hadiah sebuah mobil . Mba R tidak langsung percaya dengan kabar yang diterimanya. Ia tidak banyak bicara dan ketika ditanya sekarang posisi Mba R ada dimana, ia jawab dengan singkat, “Maaf, saya lagi di luar kota.” Bukannya nggak senang dapat kabar seperti itu tapi saat itu Mba R masih ragu dan curiga….jangan-jangan ini penipuan, apalagi telponnya malam-malam menjelang jam tidur.

kaltim pos
gambar : koleksi pribadi

Mba R baru percaya kalau dirinya benar-benar mendapatkan hadiah mobil setelah ada penjelasan dari pihak mall yang kami datangi. Siang harinya Mba R dihubungi oleh wartawan koran lokal yang bermaksud untuk mewawancarainya sehubungan dengan keluarnya Mba R sebagai pemenang utama. Kalau nggak salah selang dua hari, beritanya dimuat di koran (ini fotonya). Selanjutnya dibimbing oleh pihak manajemen mall Mba R dibantu untuk mengurus pengambilan mobil. Singkat cerita, akhirnya  mobil diserahterimakan ke tangan Mba R.

Waaah beruntung sekali ya Mba R, nggak nyangka dia berhasil mendapatkan hadiah utama. Ternyata nggak semua undian itu cuma modus tipu-tipu.

Nah, bagaimana caranya supaya nggak kena tipu undian berhadiah ? Berikut tipsnya :

  1. Bersikap tenang dan tidak panik.  Mendengar kabar jadi pemenang undian biasanya reaksinya langsung heboh. Boleh senang dan heboh, tapi tetap menjaga supaya pikiran tetap jernih dan tidak panik. Biasanya jika kita panik semakin mudah dijadikan sasaran empuk penipuan.
  1. Cross check lagi ke pihak penyelenggara .   Setelah mendapatkan pengumuman atau telepon bahwa kita keluar sebagai pemenang undian, sebaiknya lakukan cross check ke pihak penyelenggara.
  1. Beritanya dimuat di media massa atau media sosial pihak penyelenggara
  2. TIDAK ada pungutan biaya apapun kecuali membayar pajak hadiah sebesar 25% dari nilai hadiah

Mengenai pajak hadiah, itu tergantung penyelenggara undian. Ada yang ditanggung penyelenggara, ada yang ditanggung oleh pemenang. Kebanyakan sih pajak hadiah ditanggung oleh pemenang. Membayar pajak hadiah bukan transfer ke rekening atas nama seseorang, namun langsung ke rekening kas negara. Dan tentu saja ada beberapa dokumen resmi dari kantor pajak yang harus diurus.

Jadi, bagaimana nih? Mau mencoba peruntungan dengan mengikuti undian berhadiah? Kenapa enggak?? Selamat berburu hadiah, semoga beruntung yaa!!

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

15 thoughts on “Undian Berhadiah, Apa Penipuan?

  1. Sungguh beruntung ya Mbak R. Saya juga belum pernah hoki dapat hadiah besar kayak motor atau mobil, hehe. Mungkin disuruh kerja keras biar bisa beli tunai xixi.
    saya jadi teringat teman blogger yang dapat hadiah motor bulan lalu. Dari tutup botol minuman. Akhirnya serius dapat motor. dan motornya sama persis kayak punya saya hehe.

    Makasih sharing-nya 🙂

    Like

  2. bun aku mau seberuntung mbak R .. bun aku minta mobil bun, hehehe,,, good tips, soalnya saya jg pernah bun, jaman dulu msh SMA dpt telp klo menang undian Smpt terus girang, soalnya pas bangun tidur, terus pinjem deh ATM kakak yg kosong, dipandulah kami dan setelah mengikuti panduan saya diminta meninggalkan ATM sejauh 3M, dan saya mengikuti. Setelah itu diminta balik lagi ke ATM, dan dia bilang nggka bisa pake ATM ini, cari nomor rekening ATM lainnya, saya yooo manuttt, T_T terus saya pakai lagi ATM yang lain dan memang limit saldo, dan berulang lagi. Terus saya baru SADAR,, ketipuuuu huhuhu

    Like

  3. Dulu pernah keluarga sy hampir ketipu undian Mak. Ditlp seseorang, katanya dpt undian mobil. Tapi lokasi di Jakarta, sementara kami di Ponorogo. Kakak sy sampe nekat ke Jakarta untuk menjemput hadiahnya. ternyata itu bodong. Untung blm transfer. hanya rugi ongkos ke Jakarta. Itung lagi jalan2 hihihi

    Like

  4. Jaman sekarang penipu tuh bener-bener pintar, jadi kita semua sebagai calon korban harus lebih pintar lagi saat menerima kabar “gembira”, jadi bener, seneng boleh, heboh boleh hanya saja tidak boleh menurunkan kewaspadaan kita, harus selalu cross check, dan cross checknya bukan ke nomor yang dikasih pemberi berita, harus cari sumber lain^^

    Like

  5. Wah beruntung sekali mbak r bisa dapat mobil. Dulu saya juga pernah dapat kupon yang berhadiah mobil. Sayangnya ketika dikonfirmasi menyatakan bahwa kupon tersebut adalah modus penipuan. Ga jadi dapat mobil deh

    Like

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s