Posted in #BukanSuperMom, curcol

Masak Untuk Lebaran Haji

sambal goreng dan kerupuk

Mau cerita soal masak memasak. Udah pada tahu kan saya nggak suka masak? iya, udah sampe bosen dengernya

Menjelang lebaran haji besok lusa , saya hari ini mulai mencicil bikin masakan. Semua ini dikarenakan Mama dan Bapak saya punya rencana lebaran di rumah saya. Karena Mama dan Bapak ke Jakarta, adik , istrinya dan anaknya  juga pasti datang ke rumah. Senang sih,  siapa yang ngga senang didatangi sama ortu dan adik. Masalahnya, saya jadinya harus masak menu lebaran, seperti : ketupat, opor ayam, gule, sambal goreng kentang+hati sapi dan acar plus kerupuk and sambal rawit.  Weww!

Kalau untuk orang serumah saya PD aja masak menu lebaran seperti itu. Soalnya suami dan anak-anak sudah sangat memaklumi hasil dan rasa masakan buatan saya yang nggak enak . Dan masaknya kan cuma untuk berempat, bisa lah. Lha lebaran haji besok, saya harus masak untuk lebih dari 4 orang dengan menu yang sekian banyak jenisnya…hmmm.

Yang lebih menegangkan lagi, ada Mama saya. Mama ini kan jago lah kalo masak-masak begini. Kalau lebaran idul fitri, Mama selalu menyajikan masakan lebaran yang enak banget rasanya. Nggak kayak anaknya yang satu ini. Ah, nggak tau ya kok saya nggak PD gara-gara nanti masakan saya mau dihidangkan ke Mama pas lebaran. Mau minta tolong ke Mama, yeee….gimana sih, kasihan donk Mama. Harusnya kan tuan rumah menjamu tamu. Tamu nggak usah ikut-ikutan repot lah.

Oke, dari hari Minggu saya sudah berpikir keras membuat rencana masak-masak. Dimulai dari bikin ketupat. Saya sudah pernah bikin ketupat, kalau lebaran haji. Tapiiii…..ketupat buatan saya teksturnya aneh. Ya, kalau sama suami dan anak-anak mah dimakan habis sih. Tapi kalau disajikan untuk Mama dan Bapak??….errr…. Oke, kan ada tukang lontong sayur yang suka lewat depan rumah. Lontongnya enak tuh, pulen. Saya mau pesan aja ke dia.Eh, taunya pas saya tanya, si tukang lonsay mau libur H-1 lebaran haji sampai hari Sabtu…..yaaah 😦 . Mau pesan ke pakde sayur, tadi nggak jualan..hadeuhh. Gimana ini teh, kayaknya harus bikin sendiri deh.

Eh, tadi pagi Mama telpon, nawarin ke saya mau dibawain lontong nggak? 🙂 hahahaha….Mama tau aja 🙂 . Ya udah saya pesan lontong dari Bandung daripada ketupat saya besok nggak karuan hasilnya…sekalian sama gulai kambingnya….terima kasih Mama, maaf ya Ma jadi ngerepotin. Untung Mama nggak bikin sendiri, tapi beli dari langganannya makanya saya mau nitip juga.

Sip, lontong sama gulai sudah beres. Sekarang tinggal bikin sambal goreng kentang + hati sapi. Saya udah belanja kentang 6 kg (buanyakkkk banget ini kayak bikin cateringan aja). Mulai tadi pagi nyicil masak ini, alhamdulillah sudah matang. Lalu saya menggoreng kerupuk. Tadi pagi beli kerupuk di pasar 1/4 kilo jadinya 1 wadah kerupuk yang jumbo. Besok tinggal bikin acar , sambal rawit dan masak opor ayam (tadi udah beli bumbunya di si Tante tukang bumbu di pasar).

Gambatte!!

Kalau kamu…iyaaa kamu, masak apa untuk lebaran haji nanti?

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

6 thoughts on “Masak Untuk Lebaran Haji

  1. aq gak masak apa2 buat lebaran kali ini ira. paling beli jadi aja. kami masih grabak grubuk ngurusin ponakanku F. tapi semoga tanpa masakan khas lebaran, makna lebarannya bagi kami semua tetap tidak berubah :D:

    Like

Terima kasih ^_^

