Posted in kegiatan ku, masak masak, resep

Kering Kentang | Mustofa

Kering kentang, siapa yang tak mengenal makanan yang satu ini. Biasanya dikalangan anak kost atau siapa saja yang sedang berada jauh dari keluarga cukup akrab dengan makanan ini. Hal tersebut disebabkan karena kering kentang adalah salah satu makanan yang enak, praktis dan tidak mudah basi. Sehingga ia sering dimasak oleh ibu/istri di rumah untuk bekal yang akan dibawa oleh anak/suami ketika mereka kost/berada jauh dari ‘rumah’. Hayo, apalagi selain kering kentang ya? Oh iya, yang cukup populer juga adalah abon sapi, abon ikan, dan rendang kering. Lumayan, kalau ada lauk keringan seperti ini sangat membantu para anak kost terutama pada tanggal tua. Saat kiriman uang dari ortu tak kunjung tiba atau belum waktunya gajian. Cukup ditemani nasi putih hangat, sudah bisa menikmati makan pagi, siang dan malam.

Keluarga besar suami saya menyebut kering kentang dengan nama : Mustofa. Saya kurang faham dari mana asal muasal nama ini disematkan pada kering kentang. Setahu saya Mustofa adalah nama orang, bukan makanan. Hampir semua wanita yang ada di dalam keluarga suami saya pintar membuat mustofa. Konon kabarnya cara pembuatan dan resep mustofa diajarkan secara turun temurun dari alm. Enin (neneknya suami saya).

Tak terkecuali, saya pun setelah menikah belajar membuat mustofa dari mama mertua. Untuk amatiran seperti saya, membuat mustofa itu cukup sulit. Iyaa ngeliatnya doank mah gampang, apalagi kalo tinggal makan, pas praktek banyak gagalnya. Bagi saya bagian tersulit adalah mengolah kentangnya. Bagaimana membuat kentang goreng yang tipis, renyah dan berwarna keemasan. Karena resep alm. Enin kentangnya tidak direndam di air kapur. Kentangnya asli kentang aja nggak dikasih apa-apa. Lama kelamaan setelah berulang kali mencoba, akhirnya saya bisa menaklukkan si kentang….horreee!!!

Berikut ini saya jelaskan resep dan cara membuat mustofa ala alm. Enin :

image
Bahan : kentang, cabe merah, gula merah, bawang putih, garam, bawang goreng
image
Bumbu yang dihaluskan : cabe merah, gula merah, bawang putih, garam
image
Kupas dan rendam kentang dalam air

image
Iris kentang tipis-tipis usahakan besar dan tebalnya sama, lalu cuci bersih dengan dibilas berulang kali sampai air rendamannya bening dan tidak ada lagi tepung kentangnya. Supaya kentangnya kering dan renyah ketika sudah digoreng

image
Panaskan minyak dalam wajan, lalu masukkan kentang. Goreng sampai matang, renyah dan berwarna keemasan. Tiriskan.
image
Nyalakan api kecil pada wajan yang berisi minyak sisa menggoreng kentang (minyaknya secukupnya aja), masukkan kembali kentang ke wajan, beri bumbu dan taburi bawang merah. Lalu aduk sampai tercampur rata.
image
Jika bumbu dan kentang sudah tercampur rata, tiriskan mustofa sampai minyaknya turun. Setelah dingin, mustofa siap dihidangkan atau disimpan dalam wadah.

Selamat mencoba!

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

25 thoughts on “Kering Kentang | Mustofa

  1. ira, selain diiris tipis gitu, boleh diparut gak sih? parutan keju yg paling gede itu lho, jadinya kayak korek api kecil2? aq suka gak telaten kalo ngerjain printilan kayak gitu. awalnya tipis sama rata, ntar ujungnya2 gak sama lagi tebal tipisnya ๐Ÿ˜†

    Like

  2. Namanya Mustofa?*beneran baru tau*
    Jadi inget lagu dangdut..hihi..
    Jadi pengen nyoba, tapi suka ill feel kalau cemilan kayak gini, buatnya lama, abisnya cepet, kayak bikin peyek, capeknya belum ilang, peyeknya udah habis..hihi..

    Like

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s