Posted in olah raga

Ingin Awet Muda? Yuk Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari !

image

Salah satu cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh adalah dengan rutin berolah raga. Pilihan olah raga yang saat ini rutin saya lakukan adalah jalan kaki selama 30 menit setiap hari. Saya memilih olah raga ini karena sangat mudah dilakukan, bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, murah meriah dan membuat badan saya sehat :). saya suka yang murah meriah tapi banyak manfaatnya begini..hehehe

Apa? Jalan kaki? Cuma 30 menit?

Ternyata olah raga jalan kaki 30 menit yang dilakukan rutin setiap hari punya segudang manfaat . Apa saja manfaatnya ? Silahkan lihat infografis dari Mbak Leslie Sansone seorang pakar olah raga jalan kaki dari Amerika Serikat dan yang menciptakan “Walk In Program Home” di bawah ini :

image
from : Leslie Sansone

Manfaat berjalan kaki selama 30 menit setiap hari diantaranya :
1. Dalam 10 menit dapat meningkatkan hormon endorphins, mengurangi stres, ketegangan, kemarahan, kelelahan, dan kebingungan. Apakah hormon endorphins? Hormon endorphins adalah hormon yang membuat seseorang merasa senang, bahagia, dan nyaman, hormon ini juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Wooohoo…..keren kan!
2. Mengurangi resiko penyakit glukoma. Glaukoma adalah penyakit mata yang dapat menyebabkan mata menjadi buta karena  ada kerusakan bertahap pada serabut saraf dari saraf optik. Salah satu penyeb glukoma adalah hipertensi (darah tinggi) dan diabetes melitus (kencing manis).
3. Menurunkan resiko  berbagai penyakit terutama penyakit flu.
4. Mengurangi resiko terkena Alzheimer yaitu penyakit yang menggerogoti kemampuan seseorang untuk berpikir dan mengingat.
5. Meningkatkan kesehatan jantung (memperkuat sistem kardiovaskular)
6. Membentuk otot lengan dan bahu
7. Menguatkan otot perut
8. Mengontrol tekanan darah yang dapat menyebabkan storke
9. Mengurangi resiko kanker usus pada wanita
10. Membentuk dan memperkuat otot kaki
11. Menjaga keseimbangan
12. Mencegah osteoporosis
Dan masih banyak lagi manfaat olah raga jalan kaki yang dilakukan rutin setiap hari selama 30 menit ini. Intinya bisa bikin badan menjadi sehat, segar, bugar dan awet muda donk!

Ada beberapa tips agar  jalan kaki ini menjadi olah raga yang menyenangkan :

  1. Pakai pakaian olah raga yang nyaman dan sopan. Gunakan kaos dan celana olah raga dari bahan yang mudah menyerap keringat. Saya sarankan untuk tidak menggunakan baju tidur (daster/piyama) karena nggak asyik banget sih olah raga kok pakai baju tidur. Jangan lupa gunakan sunblock jika berjalan di bawah sinar matahari.
  2. Gunakan sepatu olah raga yang cocok untuk aktivitas ini, tujuannya mengurangi resiko cedera pada kaki.  Jangan pakai sandal jepit ya! Supaya nggak kejadian seperti pengalaman saya ini : Sandal Jepit Putus 
  3. Membawa kartu identitas, handphone, dan uang secukupnya.  Untuk mengantisipasi jika terjadi situasi darurat. Misalnya ketika haus tak tertahankan di tengah-tengah perjalanan, lupa nggak bawa botol minum. Mau pulang, rumah masih jauuuuh. Nah, kamu bisa menggunakan uang untuk membeli ari mineral di warung. πŸ˜€
  4. Hati-hati jika berjalan di pinggir jalan sambil menggunakan earphone. Jika ingin mengunakan earphone, sebaiknya gunakan salah satu saja. Sehingga telinga yang satu lagi masih bisa waspada terhadap lingkungan tempat kita jalan kaki.
  5. Lakukan pemanasan sebelum jalan kaki dan akhiri dengan pendinginan, untuk menghindari cedera otot.
  6. Membawa bekal air minum. Untuk menghindari dehidrasi, jangan lupa bawa air dari rumah. Bagaimana kalau lupa? Bawa uang kan? Kalau haus segera cari warung untuk beli air mineral. Kalau lupa bawa uang bagaimana? Mampir ke rumah tetangga, minta minum. Kalau tetangga nggak ada yang kenal bagaimana? Ya udah buruan pulang ke rumah, besok-besok jangan lupa bawa uang dan air minum yaaaa!!!

Saya lebih suka jalan kaki di taman atau mengelilingi komplek. Saya bisa sambil menikmati pemandangan sekitar rumah yang masih banyak pepohonan rindang. Biasanya saya berjalan kaki pada pagi hari, start pukul 6. Udara pagi masih segar dan matahari belum panas. Suami saya melakukan olah raga ini di kantor. Setelah sampai di kantor, ganti baju lalu jalan kaki 30 menit mengelilingi komplek kantornya. Tetangga saya melakukannya setelah shalat subuh di mesjid, sebelum pulang ke rumah menyempatkan diri untuk jalan kaki 30 menit mengelilingi sekitar rumah dan mesjid. Kalau sedang tidak memungkinkan berjalan kaki di luar rumah, ada alternatif lain yaitu dengan mengikuti video “Walking At Home” Leslie Sansone yang bisa ditemukan di youtube. Gratis.

Ada banyak cara agar bisa melakukan olah raga jalan kaki 30 menit setiap hari. Mudah dan murah kan? Untuk olah raga semudah dan semurah ini harusnya nggak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya.

Mau sehat? Mau awet muda? Jalan kaki yuk!

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

28 thoughts on “Ingin Awet Muda? Yuk Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari !

  1. Saya suka sekali olahraga, kalau untuk jalan biasanya saya kombinasikan dengan jogging sepulang kantor atau wiken, tapi jalan cepat, yang jalan agak santainya ya kalau dikantor nganterin disposisi suratnya bos.. hehe..

    Liked by 1 person

  2. Yup.. ayo bergerak! Mulai sekarang, jangan di tunda lagi
    Doyan bergerak itu gaya hidup, go green pula.
    Kalau tak perlu hindari berkendara, misalnya saat buang sampah, ke warung terdekat dll
    Lihat… apa yang terjadi!

    Like

    1. Kapan aja bisa Mba Ida. Suami saya tiap hari olah raga ini di kantornya (mengelilingi kantor, di atap, atau ke jalan raya) Yg penting rutin dan dilakukannya selama 30 menit penuh, tdk berhenti. Kecepatan jalan bisa ditambah agar mendapatkan manfaat yg maksimal.

      Like

      1. Okayh. makasih ilmunya Mak. Mau Ida praktekkan, biar bisa tampak muda wajah. Di mana” orang pada memanggil dengan sebutan ‘Bu’ berasa tuaaa sangat πŸ˜€

        Like

  3. Mba, salam kenal. saya dengan Joice. Saya juga suka jalan pagi mba, mulai dari jam 06.30-07.15 di lapangan Aroma dekat kompleks. Perasaan setelah berjalan kaki itu menyenangkan, bahagia dan lebih segar. Tapi belum tiap hari mba. palingan 4-5x seminggu. Mba rajin setiap hari ?

    Like

  4. Saya jalan kakinya setiap hari dr stasiun ke kantor pagi hari sekitar 10-15 menit, pulang kantor dr kantor ke stasiun 10-15 menit juaa… lumayan ada jalan kakinya klo enggak, kayaknya ga ada geraknya nih badan.
    klo berdiri di commuter line terhitung olahraga gak niih? *gak mau rugiiii

    Like

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s