Posted in Buku

Buku : “Anak Muda Keren Akhir Jaman”

image

Judul : Anak Muda Keren Akhir Jaman
Penulis : Hardita Amalia. S.L, M.Pd.I
Penerbit : QIBLA, PT. Bhuana Ilmu Populer, Gramedia
Tahun Terbit : 2015
Tebal : 263 halaman

Menjalani masa muda itu tidak mudah. Apalagi di tengah-tengah kemajuan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, yang membuat informasi sangat deras tak terbendung datang dari mana saja.

Karakter anak muda itu suka coba-coba, sangat menyukai sesuatu yang menantang adrenalinnya, punya idealisme yang tinggi, punya segudang talenta dan semangat yang berapi-api. Semua hal entah itu yang baik maupun yang buruk bisa saja dengan mudah dilihat dan ditiru oleh mereka. Saat ini banyak generasi muda Muslim yang kehilangan jati dirinya, kenapa? Karena mereka hanya mengikuti apa yang sedang menjadi trend saat ini, dan tidak tahu apakah trend yang mereka ikuti sesuai tidak dengan ajaran agamanya. Mereka tidak mengenal Tuhan-nya yaitu Allah SWT, tidak mengenal teladannya Rasulullah SAW dan memisahkan Islam dari tatanan kehidupannya. Tidak sedikit yang hidupnya menjadi sia-sia dan sengsara karena hal ini.

Kenapa sih hidup itu harus berlandaskan agama? Karena Islam telah mengatur semua aspek kehidupan kita baik yang berhubungan dengan Tuhan maupun dengan sesama manusia. Tujuan hidup seorang Muslim itu jelas yaitu beribadah mencari ridha Allah SWT berpedoman pada Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW, untuk mencapai kebahagian dunia dan akherat. Generasi muda Muslim saat ini memiliki tantangan yang cukup berat, karena harus menghadapi arus informasi dan gaya hidup yang semakin jauh dari ajaran agama.

Dalam bukunya, Hardita Amalia menjelaskan bahwa meskipun tantangan menjadi generasi muda Muslim itu cukup berat, bukan berati mustahil untuk menjadi generasi muda Muslim yang keren. Keren yang seperti apa sih? Yaitu menjadi generasi muda yang dicintai Allah SWT, menjadi kebanggaan orang tua, keluarga dan bermanfaat bagi masyarakat. Penulis memotivasi anak muda agar tidak terseret dalam arus pergaulan yang salah dan menyebabkan hidup menjadi sia-sia.

Anak muda keren akhir jaman bukanlah anak muda biasa, tetapi anak muda yang siap menggadaikan diri dan hidupnya demi Allah, Rasulullah dan Islam. Karena yakin akan janji Allah SWT yaitu memperoleh ridha dan surga-Nya. Allah SWT akan membalas setiap kesabaran menahan hawa nafsu yang bergejolak, setiap kebaikan yang kita perbuat, setiap amal soleh yang kita lakukan, dan setiap jerih payah kita dalam berdakwah. Anak muda Muslim itu harus 3K, keren agamanya, keren dunianya dan keren akhiratnya.

Penulis memberikan contoh para pemuda dan pemudi Muslim yang berhasil menjadi orang-orang keren yang kesuksesannya bisa dijadikan teladan seperti Hari Moekti, alm. Ustad Jefri Al-Buchori, Oki Setiana Dewi, DR. Khoirul Anwar, DR. ING H. Fahmi Amhar, Habibie Afsyah, Mirza Ghulam Ahmad, Ahmad Ri’fai Rif’an, Ustad Felix Siauw, dan Ibu Een. Juga kisah-kisah sahabat Rasulullah seperti Mus’ab bin Umair, Sa’ad bin Abi Waqqash, Al-Arqam bin Abil Arqam, kisah ashabul kahfi dan lain-lain.

Disampaikan dengan bahasa ringan yang mudah dipahami oleh anak muda saat ini. Pembaca tidak akan merasa sedang diberi ceramah yang membosankan karena penulis menuliskannya secara apik dan runut. Penulis banyak menyelipkan ayat-ayat Al-Qur’an, hadist-hadist serta quotes yang memberikan kita landasan pengetahuan agama yang dapat membangkitkan semangat untuk terus menerus memperbaiki diri. Quotes favorit saya :

Syair dari Ali bin Abi Thalib :
Cinta kepada Allah itu laksana api, apa pun yang dilewatinya akan terbakar
Cinta kepada Allah itu laksana cahaya, apa pun yang dikenainya akan bersinar
Cinta kepada Allah itu langit, apa pun yang di bawahnya akan ditutupinya
Cinta kepada Allah itu laksana angin, apa pun yang ditiupNya akan digerakkanNya
Cinta kepada Allah itu laksana air dengannya, Allah menghidupkan segalanya
Cinta kepada Allah itu laksana bumi, dari situ Allah menumbuhkan segalanya
Kepada siapa yang mencintai Allah, Dia berikan kekuasaan dan kekayaan

Dan yang satu ini :

“Wahai manusia…
Engkau datang ke dunia ini dalam keadaan menangis, sementara orang-orang menyambutmu dengan senyum kebahagiaan
Maka, bekerja keraslah selama hidup, berbuat baiklah, tolonglah sesamamu dan mengabdilah kepada Tuhanmu
Dengan cara seperti ini engkau bisa meninggalkan dunia ini dalam keadaan tersenyum,
Sementara…orang-orang di sekitarmu menangis sedih karena telah ditinggalkan oleh orang yang paling bermakna dalam kehidupannya
Be the best Muslim generation”

Bagi saya pribadi yang sudah menjadi ibu-ibu, banyak hal yang bisa saya ambil dari buku ini untuk memberi vitamin bagi jiwa saya. Nggak heran kalau saya telah membaca buku ini berulang kali.

Buku ini merupakan buku wajib sih kalau menurut saya, buku yang wajib dibaca oleh anak muda Muslim, karena buku ini akan menuntun mereka untuk menjadi orang yang tangguh di masa depan. Dan tentu saja buku ini akan saya wariskan untuk kedua anak saya yang sebentar lagi akan beranjak menjadi pemuda. Semoga dengan membaca buku ini mereka menjadi faham jalan mana yang harus mereka tapaki di masa depan, agar bisa menggapai Cinta dan Jannah-Nya.

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

4 thoughts on “Buku : “Anak Muda Keren Akhir Jaman”

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s