Posted in Taekwondo

Serunya Acara Taekwondo Korea Ambassador Cup 2016 | ICE BSD City Tangerang

Pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016 yang lalu anak-anak mengikuti acara Taekwondo Korea Ambassador Cup yang diselenggarakan di ICE BSD City Tangerang.

Kerempongan saya sebagai emaknya mereka sudah dimulai sejak H-1 yaitu hari Jum’at. Rempong apaan? Kan yang mau ikut bertanding anak-anak. Apakah si emak juga ikut bertanding? Oh bukan, emak-emak mah biasaa repot sama urusan dapur. Saya mempersiapkan bekal makan kami berempat untuk acara ini. Inilah kerempongan saya : Jumat pagi pulang olah raga saya bikin arem-arem mie. Sabtu sebelum subuh sudah di dapur lagi bikin sarapan, nasi timbel, sambel goreng kentang+ati, tumis kacang panjang+toge+tempe, dan telor dadar (penting banget ya sampe harus ditulis segala).

Pukul 6.30 kami siap berangkat menuju venue di ICE BSD City Tangerang.

Sampai di tempat acara, para atlit dari berbagai tempat latihan (ada yang dari luar kota juga) sudah berdatangan. Sebagian ada yang sudah melakukan pemanasan, sebagian lagi masih berkumpul sesuai dengan groupnya masing-masing.

Acara Taekwondo Korea Ambassador Cup 2016 ini adalah rangkaian dari kegiatan Korea-Indonesia Festival 2016 yang diselenggarakan oleh Kedutaan besar Korea bekerja sama dengan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI). Acara ini diikuti oleh sekitar 1.204 peserta, 1150 atlet mengikuti Kyorugi dan 54 atlet poomsae. Para atlet yang mengikuti pertandingan ini berasal dari 8 propinsi se-Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Lampung, Riau, Jambi dan Bali.

Pagi-pagi acara dimulai dengan pertandingan Kyorugi dan poomsae. Kedua anak saya sama-sama mengikuti kategori Kyorugi atau bertarung. Si bungsu mendapat giliran di awal partai Alhamdulillah ia berhasil mendapatkan medali emas.

Sebelumnya bungsu sudah pernah ikut Kyorugi. Yang pertama di Kejuaraan Taekwondo yang diselenggarakan oleh Diknas Balikpapan dan PT. NGL Badak tahun 2014 ( baca juga di sini ), kemudian pada Indonesia Youth & Sports Taekwondo Festival 2015 dan yang ketiga pada acara ini Taekwondo Korea Ambassador Cup 2016 . Satu kali kalah dan dua kali menang. 

Sementara si sulung  kebagian partai 300-an sekitar pukul 15.30. Si sulung juga lumayan sering ikut kejuaraan, yang pertama Kejuaraan Walikota Cup se- Kota Balikpapan tahun 2013 ( baca juga : di sini ). Lalu Kejuaraan Taekwondo yang diselenggarakan oleh Diknas Balikpapan dan PT. NGL Badak tahun 2014 ( baca juga di sini ), kemudian pada Indonesia Youth & Sports Taekwondo Festival 2015 dan yang keempat pada acara ini Taekwondo Korea Ambassador Cup 2016 . Dua kali mendapatkan medali perak. 

Sekitar pukul 10 pagi semua pertandingan dihentikan karena akan ada upacara pembukaan. Taekwondo Korea Ambasador Cup 2016 dibuka oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Bapak Cho Taiyoung serta Ketua Umum PBTI, Bapak Letjen TNI (purn) Marciano Norman. 

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Cho Taiyoung
Ketua Umum PBTI, Letjen TNI (purn) Marciano Norman

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Korea Selatan

Dan acara yang paling ditunggu-tunggu oleh semua yang hadir di acara ini adalah pertunjukan demonstrasi taekwondo oleh N-Lion dan para mahasiswa dari Universitas Korea Selatan. Pertunjukannya bagussss sekali, saya terpana melihatnya sampai-sampai lupa tidak sempat mengambil gambarnya (maaf ya).

Peserta Demonstrasi Taekwondo dari Universitas Korea Selatan dan N-Lion Indonesia

Setelah upacara pembukaan selesai pertandingan dilanjutkan kembali. 

Banyak hal positif yang bisa diambil dari mengikuti acara seperti ini :

1. Menambah wawasan anak-anak. 

2. Memotivasi anak-anak agar selalu semangat dan rajin berlatih.

3. Melatih kesabaran

4. Menguji keberanian

5. Menambah rasa percaya diri

Untuk keluarga saya sendiri, sering mengikuti acara seperti ini menjadi salah satu alternatif rekreasi. Kami bisa berkumpul bersama, mulai pagi sampai malam bahkan keesokan harinya. Menjaga kekompakan keluarga, saling sabar dan menyemangati satu sama lain, merasakan susah dan senang bersama. 

Targetnya sih ingin anak-anak menjadi juara, tapi jika tidak maka tidak menjadi masalah buat saya dan pak suami. Toh mereka selalu menjadi juara di hati kami. Ada banyak pengalaman yang bisa mereka ambil dari kegiatan ini. Semoga berkesan di hati mereka hingga dewasa nanti.

Advertisements

Author:

seorang ibu, suka membaca,menulis, jalan-jalan, mencoba berbagai kuliner, olah raga, dan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif serta penggunaan obat secara rasional /RUM (Rational Use of Medicine)

19 thoughts on “Serunya Acara Taekwondo Korea Ambassador Cup 2016 | ICE BSD City Tangerang

  1. selamat buat prestasinya para calon mantu hihi…
    selamat juga buat mamanya yang udah setia mendukung… nggak semua mama peduli sama bakat dan minat anak2 mereka

    Like

  2. Wow keren dapat emas! Congrats ya mbak utk anaknya. Ah padahal ini salah satu ekskul yg aku dan suami peengeeeen banget bisa diikutin sama Alun. Eh ndilalah anaknya keukeuh ikut ekskul robotik. Yasutlah….pasrah aja aku hehe….

    Like

  3. Wah anaknya hebat hebat ya.. kalo saya dulu pernah belajar karate, silat, dan tifan mbak… kalo tae kwondo belum pernah.. pengen nyoba sebenarnya dlu, cuma blm ada waktu.. hehe.. semangat terus mbak buat anaknya.. smga bisa meraih prestasi terus..

    Like

Terima kasih ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s